Skip to main content

Resep Membuat Pizza Simpel & Mudah

  Ini adalah resep favorit aku sejak pertama bikin pizza karna gampang banget ga usah ribet keluarin mixer, ngadon pake tangan doank jadi kok Thin Crust Pizza Dough 3 Cups Tepung segitiga 1 Bks Ragi instant 1 Sdm Gula pasir 2 Sdt Garam halus 1 Sdm Olive oil 9 Oz Air hangat Cara Membuat : Taruh tepung dalam sebuah wadah besar lalu buat lubang ditengah kemudian tuang semua sisa bahan kedalam . Aduk dan ulen dengan tangan sampai semua bahan tercampur rata kemudian tuang adonan keatas meja kerja yg sudah ditaburin tepung, ulen lagi sekitar 5 menit Siapkan mixing bowl ukuran sedang dan oles dengan olive oil kemudian biarkan adonan rest sekitar 30 menit sampai dough jadi double in size Siapkan loyang pizza ukuran 25 cm kemudian bagi adonan menjadi 4 bagian sama rata lalu giling sampai ukuran diameter loyang Beri topping sesuai selera kemudian oven dengan suhu 220 dercel selama kurleb 15-17 menit Pizza siap disantap Untuk topping gampang aja ya moms disesuaikan s

Resep Dan Cara Membuat Soto Lamongan Khas Jawa Timur


soto-lamongan-khas-jawa-timur-kreasi-resep-bintang-5


Resep Dan Cara Membuat Soto Lamongan Khas Jawa Timur

Indonesia adalah negara yang beragam, jika kita berbicara mengenai kuliner apa saja yang ada di indonesia. Tentu sulit bagi kita untuk menyebutkannya satu persatu karena jumlahnya sangat banyak. Misalnya saja soto, soto memiliki begitu banyak macam rasa dan ciri khas dari setiap daerah. Nah pada artikel ini, kami akan membahasa salah satu soto yang berasal dari jawa timur. Yakni Soto Lamongan, soto ini cukup populer diindonesia karena rasanya yang enak.

Untuk menemukan Soto Lamongan tidaklah terlalu sulit, karena banyak sekali para pedagang yang menjajakan makanan ini dipinggir jalan menggunakan gerobak. Namun, meskipun demikian rasa soto lamongan tidak kalah dengan hidangan mewah lainnya, yang juga banyak disediakan di restoran. Soto Lamongan memiliki  ciri khas rasa yang gurih, rasa gurih tersebut didapatkan dari campuran rempah-rempah. Seperti, merica, ketumbar, jahe, kemiri dan kunyit.

Cara membuatnya juga cukup mudah, kami yakin sobat juga pasti bisa membuatnya dirumah. Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat soto lamongan.

BAHAN UTAMA MEMBUAT SOTO LAMONGAN :


  • ½ Ekor Ayam Potong 2/3 Bagian (Dianjurkan untuk menggunakan ayam kampung)
  • 1 Buah Jeruk Nipis (Diperas untuk diambil airnya)
  • 2 Liter Air (Untuk merebus)
  • 3 Cm Jahe (Memarkan
  • 2 Batang Serai (Memarkan)
  • 3 Cm Lengkuas (Memarkan)
  • 2 Lembar Daun Salam
  • 4 Lembar Daun Jeruk
  • ½ Sdm Garam
  • 1 Sdm Gula
  • 3 Sdm Minyak (Untuk menumis)
  • Secukupnya Minyak Untuk Mengoreng Ayam

BUMBU HALUS :
  • 8 Siung Bawang Putih
  • 8 Bawang Merah
  • 5 Butir Kemiri (Sangrai terlebih dulu)
  • 2 Cm Kunyit (Bakar)
  • 1 Sdt Ketumbar
  • ½ Sdt Merica

PELENGKAP :

  • Secukupnya Kol (Diiris halus)
  • Tauge Secukupnya
  • 2/3 Butir Telur (Rebus, lalu belah dua)
  • Soun Secukupnya (Rendam dengan air hangat)
  • 2 Buah Tomat (Belah 8 bagian)
  • 2 Batang Seledri (Iris halus)
  • Bawang Goreng Secukupnya


CARA MEMBUAT SOTO LAMONGAN :

  1. Cuci daging ayam hingga bersih, lumuri dengan air jeruk nipis, biarkan selama 10 menit. Lalu cuci kembali daging ayam hingga bersih.
  2. Siapkan panci, tuangkan 2 liter air kedalamnya. Masukan ayam, jahe, serai, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam. Rebus hingga ayam matang dan empuk, setelah itu angkat ayam dari air rebusan. (Jangan buang air rebus)
  3. Masukan 3 Sdm minyak goreng dikuali, lalu tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Angkat lalu tuangkan bumbu yang sudah digoreng tadi kedalam air rebusan, aduk hingga rata.
  4. Tambahkan kuah rebusan tadi dengan gula dan garam. Aduk hingga mendidih, cicipi kembali rasanya apakah sudah pas atau belum. (Sesuai selera)
  5. Panaskan minyak, lalu goreng ayam hingga kecoklatan. Jika sudah matang angkat, lalu suir-suir ayam tersebut.
  6. Siapkan mangkuk, lalu masukan soun, irisan kol, irisan daun bawang, irisan seledri,irisan tomat, bawang goreng dan telur. Siramkan kuah kaldu tadi kedalam mangkuk.
  7. Soto Lamongan siap disajikan.

Itulah resep dan cara membuat soto lamongan khas jawa timur. Mudah bukan, silahkan dicoba semoga keluarga suka dengan hidangan yang anda masak hari ini. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share di Facebook, Twitter, Instagram dan Lainnya. Terima Kasih ...

©Kreasi Resep Bintang 5

Comments

Popular posts from this blog

Resep Dan Cara Membuat Es Sekoteng Dirumah

Resep Dan Cara Membuat Es Sekoteng Dirumah Sekoteng, merupakan salah satu minuman khas masyarakat indonesia. Minuman ini sangat populer di pulau jawa. Karena memang dulunya, sekoteng mulai dikenalkan ke masyarakat luas sebagai minuman tradisional yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Nah, seiring berjalannya waktu minuman ini akhirnya mulai dikenal oleh kebanyakan masyarakat luas, bahkan yang berada di luar pulau jawa. Saat ini, sekoteng sangat mudah untuk kita nikmati karena banyak sekali orang yang sudah mulai menjual minuman ini. Sebenarnya, sekoteng dapat disajikan dengan dua cara, yaitu dengan cara hangat dan juga dingin . Bahan yang biasa dicampurkan ke dalam minuman ini adalah, kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan ditambah dengan dengan potongan roti. Sekoteng sangat cocok untuk kita nikmati pada siang atau malam hari. Jika sobat ingin menikmati minuman ini, sobat bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah. Sebab cara untuk membuat es sekoteng sangatlah mu

Resep Opor Ayam – Masakan Rumah Rasa Resto Bintang 5

Resep Opor Ayam – Masakan Rumah Rasa Resto Bintang 5 Opor Ayam, tentu bukan sesuatu yang asing bagi masyarakat di indonesia. Hidang ini sering kali menjadi salah satu hidangan favorit dirumah. Bahkan, hidangan Opor Ayam sering kali menjadi menu utama, yang tidak pernah di tinggalkan oleh masyarakat indonesia sewaktu terjadi suatu perayaan-perayaan besar. Seperti Lebaran Idul Fitri dan Lebaran Idul Adha. Nah maka dari itulah, Resep Bintang 5 kali ini senang membagikan resep dan bagaimana caranya memasak Opor Ayam yang enak dan disukai oleh keluarga-keluarga di indonesia. Untuk bumbunya tentu sangat mudah, siapkan bahan-bahan berikut ini ! Bahan Membuat Opor Ayam :   1 Ekor Ayam ( Terserah mau ayam kampung atau ayam negeri sesuai selera ) 1 Liter Santan 1 Buah Jeruk Nipis   2 Batang Serai ( Memarkan ) 2 Lembar Daun Salam   2 Cm Lengkuas 3 Lembar Daun Jeruk   Siapkan Juga Garam, Gula, Dan Merica Bubuk Secukupnya. Bumbu Halus : ·          1 Sdt Ketumbar

Resep Memasak Rendang – Asli Khas Orang Minang

Resep Memasak Rendang – Asli Khas Orang Minang Rendang, siapa dari antara sobat yang belum kenal atau bahkan belum pernah mencicipi makanan ini? Saya rasa tidak ada ya, sobat nusantara pasti sudah pernah mencoba masakan yang satu ini. Rendang memang merupakan salah satu hidangan atau masakan asli   dari indonesia. Masakan ini, bukan hanya dapat kita kenali karena selalu menjadi menu utama disetiap restoran padang. Saat ini, masakan rendang sudah dinobatkan pada urutan pertama dari 50 hidangan terlezat dunia tepatnya pada tahun 2011. Tetapi, apakah sobat tahu jika rendang di setiap restoran sering kali rasanya berbeda? Ya, memang benar saat ini banyak restoran yang menyediakan masakan rendang dengan rasa yang berbeda karena mereka sudah mulai memodifikasi resep dan bumbu yang sedikit berbeda. Maka dari itulah, resep bintang 5 kali ini senang berbagi resep dan cara memasak rendang asli khas masakan orang minang. Berikut ini merupakan bumbu-bumbu yang perlu sobat siapkan ya ...